Apakah haus itu dehidrasi? coba baca ini

Dehidrasi adalah situasi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterimanya, sehingga keseimbangan antara gula dan garam terganggu, yang mencegah tubuh berfungsi secara normal.

Dehidrasi-Alodokter

Kandungan air yang sehat dalam tubuh manusia menyumbang lebih dari 60% dari total berat badan. Kandungan air yang ideal dalam tubuh memungkinkan sistem pencernaan berfungsi, menghilangkan kotoran dan racun dari tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk sendi, melembabkan jaringan telinga, tenggorokan dan hidung, serta sebagai sarana transportasi nutrisi ke sel. sel-sel tubuh dan menjaga kulit tetap sehat.

Dehidrasi kadang-kadang dianggap sebagai masalah kondisi tubuh yang tidak perlu dianggap serius, dan sebagian besar anak-anak dan remaja menganggapnya sebagai kehausan normal. Namun, jika gejala awal dehidrasi tidak ditangani dengan benar, ini dapat mengganggu fungsi tubuh. Beberapa tanda pertama gejala dehidrasi adalah:

Menjadi haus dan pusing.
Kekeringan pada mulut dan kulit.
kelelahan
Jarang buang air kecil.
Urin lebih gelap dan baunya lebih kuat.

Jika dehidrasi terjadi pada bayi, gejala pertama yang perlu dipertimbangkan adalah mahkota bayi akan cekung, jangan meneteskan air mata saat menangis, lapisan tetap kering setelah beberapa jam, kurang aktif, lebih gelisah dan mudah mengantuk.

Diare, terutama pada bayi dan anak-anak, merupakan risiko dehidrasi. Dehidrasi juga dapat dikaitkan dengan kondisi cuaca, aktivitas fisik atau olahraga dan diet. Selain diare, dehidrasi juga dapat terjadi dalam kondisi muntah dan keringat berlebih, misalnya saat demam atau saat berolahraga di cuaca panas.

Jika Anda merasa dehidrasi, minum banyak cairan. Anda bisa minum air putih atau jus buah encer. Tetapi jika Anda mengalami dehidrasi karena diare, hindari jus buah dan susu. Cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan minuman ringan. Jika tidak diobati, dehidrasi dapat menyebabkan kejang, kerusakan otak, dan bahkan kematian.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *